Ibadah Terpadu MJH dan Jemaat di Rayon

Sejak tahun 2002, ibadah terpadu antara Majelis Jemaat Harian dengan anggota jemaat di rayon-rayon pelayanan dilakukan setiap bulan di Jemaat Pniel Tefneno’ Koro’oto. Ketika itu, Pdt. Jesmarlianus R.Djonaga menjadi Ketua Majelis Jemaat Wilayah Tefneno’ Koro’oto. Di sana ada dua mata jemaat yaitu, Mata Jemaat Pniel Koro’oto dan Mata Jemaat Ebenhaezer Naimuti.

Program Ibadah Terpadu MJH dengan anggota jemaat di rayon-rayon pelayanan dilakukan bukan sebagai sesuatu yang luar biasa. Hal ini dilakukan semata-mata sebagai bagian dari upaya menjalin kehidupan persekutuan (koinonia) dalam jemaat. MJH yang datang, mereka akan mendengarkan curahan hati anggota jemaat, baik dalam hal pelaksanaan program-program yang sedang dijalankan, hambatan dan tantangan yang mereka hadapi, serta berharap mungkin MJH dapat memberikan solusi atas apa yang mereka sampaikan sebagai curahan hati mereka.

Ibadah terpadu ini selalu dinanti-nantikan oleh rayon-rayon pelayanan. Oleh karena itu, dibuatkan dalam wujud jadwal bulanan. Bahkan, ketika rayon pelayanan telah dimekarkan menjadi 14 rayon pelayanan, maka jadwalnya ada di antaranya yang berlangsung dua kali dalam sebulan untuk dua rayon berbeda.

Pada masa pelayanan Pdt. Nivlen Marhaelnis Tari, Pdt. Ivonei C. Isliko-Nalle, S.Si,Teol, dan kini Pdt. Papi A. Ch. Zina, S.Th, dan Pdt. Yulita Y. Zina-Lero, S.Th, program ini terus ditingkatkan kadar pelayanannya dari waktu ke waktu. Percakapan-percakapan sesudah ibadah, dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari anggota sidi di rayon dan memberikan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Berharap kiranya program ini terus berlangsung.

Tuhan memberkati.

 

Penulis: Heronimus Bani