Cek Suhu Tubuh

Cek Suhu Tubuh
 
Hari-hari belakangan ini masyarakat sedang ada dalam kewaspadaan tinggi. Waspada terhadap ancaman pandemi covid-19 apalagi pemberitaan media makin “menggoyang rasa resah”. Pemerintah terus menggerakkan kebijakan untuk pencegahan hingga benar-benar memutus rantai menyebarnya covid-19 ini.
Cek suhu tubuh bukan lagi hanya di rumah sakit. Di tempat-tempat umum setiap pengunjung akan berhadapan dengan alat yang digunakan petugas untuk mengukur suhu tubuh. Alat yang dipakai itu disebut termometer inframerah.
Bentuknya mirip pistol. Cara kerjanya pun bagai ditembakkan ke objek. Ya. Semua yang teknis medis seperti itu milik mereka yang ada pada bidang kerja itu. Sementara yang awam manut saja ketika berhadapan dengan petugas yang melakukan pengecekan suhu tubuh.
Termometer inframerah atau termometer tembak sangat viral saat ini dibanding termometer konvensional lainnya yang selama ini dipakai, seperti: oral, rektal, timpani, ketiak, plaster, dan arteri temporal.
Dari hasil cek suhu tubuh petugas medis dapat memberi simpulan tentang kondisi tubuh seseorang sedang didera sakit ringan seperti demam atau sehat. Suhu tubuh normal orang dewasa 35,5 – 37,5 derajat Celcius. Di atas 38 derajat C ada tiga kategori demam: demam biasa, demam tinggi, dan demam sangat tinggi.
Nah, sebagai awam, mari jalani hidup sehat.
Beberapa saudara yang mengantar sepupuku ke RS, setelah cek suhu tubuh ternyata mereka sedang demam.
Aih… .
 
 
Koro’oto, 15 April 2020
By: Heronimus Bani

One comment

  • Moti Marlino Ora

    Semoga Kk Yamlekh mengalami demam biasa. Suhu badan seseorang tinggi belum tentu masuk dalam kategori terjangkit covid-19.
    Kk Yamlekh, harus jaga pikiran/tdk boleh stress dan konsentrasi pada kesembuhan.