Ibadah dalam Keresahan

Ibadah dalam Keresahan

Ba’a-RoNda.- tefneno.koroto.org.Suara Gembala Ketua Majelis Sinode Harian GMIT, Pdt.Dr.Mery Kolimon, menggema, menggelombang di udara hingga tiba di setiap pendengaran anggota jemaat mulai dari kota hingga daerah pantai, lereng, kampung, selat, tanjung, perbatasan dan pulau kecil. Suara itu mengingatkan agar setiap anggota jemaat berwaspada pada ancaman yang sedang menyebar sejak adanya virus corona yang akhirnya bertajuk covid-19. Kewaspadaan itu mengikuti petunjuk dan arahan pemerintah melalui apa yang disebut sebagai bencana non-alam dalam kemasan darurat penanganan covid-19. Lembaga Gereja pun mendorong pemerintah dan masyarakat agar upaya dan kerja keras memutus rantai penyebaran covid-19 dapat berakhir.

Jemaat Petra Oederas, Klasis Rote Barat Daya mendengarkan dan mengikuti Suara sang Gembala, dan menaati penegasan pemerintah sebagai hamba Tuhan. Di tangan kepemimpinan Pdt. Frans Dillak yang akrab disapa Pak Fadi, suara gembala dan penegasan itu makin diperjelas dalam sikap dan tindakan. Kebijakan local dalam Jemaat Petra Oederas dibuat dengan sangat berhati-hati agar tidak menimbulkan perbedaan persepsi di dalamnya. Penjelasan yang sederhana dalam rapat jajaran Majelis Jemaat menyetujui untuk mengikuti Suara Gembala MSH GMIT.

Ibadah di rumah masing-masing, termasuk pada saat Jumat Agung dan Paskah.

 

Ibadah rutin di rayon atau rumah tangga diadakan sekali seminggu sekali tanpa persembahan. Protokol Kesehatan tetap harus mendapat perhatian pada saat ibadah rumah tangga yang melibatkan kurang dari 10 orang.

 

Program-program pelayanan yang sudah disepakati dalam Sidang Tahunan Majelis Jemaat, dengan sangat menyesal tidak dapat diwujudkan secara baik pada tahun pelayanan ini. Program rutin, seperti kebaktian utama terjadi di rumah masing-masing dan perjamuan kudus ditunda. Dan masih banyak lagi yang dengan sangat terpaksa harus ditunda pelaksanaannya. Semua itu untuk menjaga rasa nyaman dan demi kebaikan bersama di tengah pandemic covid-19 ini.

Bapa Fady berharap, semoga pandemik ini cepat berakhir dan berlalu sehingga Jemaat dapat beraktivitas seperti semula tanpa adanya kepanikan dan ketakutan.

 

Laporan dan Foto: Rince Adu
Editor: Heronimus Bani/Admin

2 comments

  • Frans Dillak

    Salam sodamolek dari Nusa Lontar! Terima kasih to’o Roni untuk aktivitas di Oederas yg menggema sampai di Koro’oto. 😊😊 Kita terus berdoa agar bumi dipulihkan dan masa pandemik ini segera berlalu.