Koordinasi Mingguan Majelis Jemaat Koro’oto

Sejak tahun 2002, Majelis Jemaat Pniel Tefneno’ Koro’oto melakukan satu upaya layanan yang sesungguhnya sama dengan model ibadah rumah tangga, namun di dalamnya diadakan semacam rapat koordinasi mingguan.

Rapat koordinasi mingguan Majelis Jemaat ini dilakukan di rumah dari setiap anggota Majelis Jemaat. Di sana, seorang anggota memimpin ibadah. Tujuan ibadah ini adalah untuk penyampaian Firman Tuhan, penguatan pada anggota MJ tersebut dan seisi rumahnya, dan pada anggota MJ pada umumnya. Sesi kedua dari ibadah ini adalah rapat itu sendiri yang dipimpin secara bersama oleh anggota MJ Harian (MJH).

Hal-hal yang dipercakapkan pada rapat koordinasi mingguan ini antara lain:

  • Pembagian tugas untuk pelayanan dalam liturgi kebaktian hari Minggu. Pemimpin kebaktian tentulah seorang pendeta, kecuali bila pendeta berhalangan sehingga harus digantikan oleh seorang anggota Penatua. Tugas-tugas yang biasanya dibagikan adalah, petugas pembaca Firman Tuhan yang sekaligus memimpin do’a. Petugas yang memimpin pengakuan dosa, serta petugas-petugas pengumpul persembahan. Ada pula yang ditugaskan menyambut dan menyalami anggota jemaat yang hadir dalam kebaktian minggu itu.
  • Selain pembagian tugas, dikoordinasikan pula tugas-tugas pelayanan pada minggu berikutnya seperti: mengingatkan tentang ibadah-ibadah rumah tangga, ibadah-ibadah kategorial (kaum bapak, kaum perempuan, pemuda) dan ibadah layanan kasih (diakonia).
  • Hal lain yang dianggap perlu untuk dipercakapkan secara informal sebelum dibawa ke dalam rapat resmi MJ.

Demikian manfaat rapat koordinasi mingguan Majelis Jemaat Pniel Tefneno’ Koro’oto.

 

 

Penulis/Editor: Pnt. Heronimus Bani