PAR dan Superbook

Oekabiti, tefneno-koroto.org, Senin (27/08/19) bertempat di gedung gereja Oekauna’ Klasis Amarasi Timur, telah dilangsungkan suatu kegiatan memperkenalkan pendekatan pembelajaran kreatif menyenangkan dari satu NGO keagamaan, Superbook.

 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Majelis Klasis Amarasi Timur dengan Superbook.

Menurut situs resmi Superbook, dinyatakan bahwa Superbook adalah merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Itulah alasan manfaatnya sehingga Majelis Klasis Amarasi Timur melakukan MoU atau Nota Kesepahaman dengannya sehingga telah direalisasi sekalipun baru pada tahap perkenalan.

Menurut seorang peserta yang meringkas materi yang disajikan, ada latar alasan mengapa Superbook menjadi penting. Alasannya zaman sekarang ada begitu banyak pengaruh buruk dari produk dan isian teknologi dan aplikasi media sosial di sekitar kehidupan anak. Hal ini membuat mereka semakin jauh dari Tuhan. Sementara anak-anak itu sendiri adalah masa depan dari gereja.

Superbook ada untuk membuat anak-anak lebih tertarik dan mengajak mereka semakin dekat pada Tuhan dan secara khusus supaya mereka giat dalam Sekolah Minggu.

Modul berbentuk buku pegangan dan juga film animasi sekitar kehidupan anak yang ditarik ke dalam cerita Alkitab (ada tokoh/karakter anak masa sekarang yg ditarik masuk (dengan mesin waktu??) ke dalam cerita Alkitab pada jaman itu.

Materi yg disampaikan dalam pelatihan kemarin:
Guru2 Sekolah Minggu harus mengajak sebanyak mungkin anak2 ke gereja.

Kelas dibagi menjadi 2 kategori umur:
1). Umur 3-10 tahun
2). Umur 11-remaja/yg belum sidi

Tahap-tahap dalam pembelajaran:

  • Pengantar pujian masuk dalam saat teduh
  • Pemutaran¬† film, sambil pengajar memberikan penjelasan pada anak-anak sesuai film/materi yg ada
  • Refleksi-inti kehidupan dalam keseharian anak-anak.
  • Games, permainan yang disampaikan atau permainan lain sesuai kreatifitas guru
  • Doa tutup

Kegiatan ini diakhiri dengan mengingatkan bahwa akan ada laporan bulanan serta testimosi guru, anak dan orang tua terhadap perkembangan anak.

 

Laporan: Pdt. Papi Zina dan Merdana Ora

Editor: Admin