Mari Jaga Sumber Air Kita

Koro’oto,tefneno-koroto.org,- Hari ini dalam rangka Hari Reformasi dan Hari Jadi Gereja Masehi Injili di Timor, jemaat-jemaat di pedesaan Timor melakukan kebaktian sebagaimana juga dilakukan jemaat-jemaat GMIT di perkotaan. Kebaktian di pedesaan dilakukan di arena terbuka dan disebut kebaktian padang. Sesuatu yang bukan baru di lingkungan jemaat-jemaat GMIT.

Jemaat Koro’oto melakukannya di salah satu sumber air di kampung ini. Sumber air itu namanya Manusraen. Kebaktian dipimpin oleh Pdt. Yulita Y. Zina-Lero, S.Th didampingi Pdt. Papy Ch. Zina, S.Th.

Dalam khotbahnya, Pdt. Yulita Y. Zina-Lero menekankan penting dan perlunya bersinergi dalam tugas-tugas pelayanan. Penting dan perlunya setiap orang melayani di “altar” Tuhan dengan ketulusan dan keikhlasan. Di berbagai “altar” pelayanan itu, kita tinggalkan “kasut” sehingga kita dapat menghadap hadirat-Nya yang kudus. Tugas-tugas keprofesian sebagai petani peladang itulah “altar” pelayanan jemaat di pedesaan. Jadilah petani peladang, petani peternak yang bersinergi dengan alam. Ketika berada di sana, jadilah orang-orang yang meninggalkan “kasut” ketamakan yang dapat merusak alam.

Sementara itu, Ketua MJ Pniel Tefneno’ Koro’oto, Pdt. Papy Ch. Zina, S.Th. dalamĀ suara gembala yang disampaikan sehubungan dengan perayaan dan kebaktian ini, menyampaikan ucapan selamat pada jemaat yang telah melewati masa-masa “kemesraan” dalam bulan keluarga, dan kemesraan itu mesti tidak berlalu karena berlalunya bulan keluarga. Kemesraan itu mesti tetap ada, jangan cepat berlalu. Pada tataran yang sama KMJ PTK menyampaikan pentingnya menjaga hutan, menanam pepohonan di sekitar sumber-sumber air. Ketika bumi makin panas, kita butuh air. Ketika bumi makin panas, debit air makin berkurang. Menanam pohon dalam radius tertentu di titik-titik sumber air, merupakan sinergi kita dengan alam.

Pdt. Yulita Y. Zina-Lero dalam doa menyebutkan segala rasa syukur dan terima kasih pada Tuhan untuk masa-masa yang sudah terlewati dalam bulan keluarga, reformasi dan HUT GMIT. Sambil mengingat pula Pemerintah Desa Nekmese’ dalam usaha dan kerja keras hendak mewujudkan program pipanisasi air dari sumbernya di Manusraen ke pusat desa.

Demikian kegiatan Jemaat Pniel Tefneno’ Koro’oto hari ini.

 

By : Heronimus Bani

Foto: Yerfelius Bani